3 Objek Wisata Toraja Yang Harus Dikunjungi - WisataTimur

3 Objek Wisata Toraja Yang Harus Dikunjungi

Tana Toraja sejak lama telah dikenal sebagai daerah wisata yang merupakan andalan Sulawesi Selatan. Selain keelokan budaya lokal yang memikat, Toraja merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi wisata alam dan pegunungan yang sangat kaya dan indah.

Tana Toraja saat ini secara administrartif terbagi menjadi 2 kabupaten yakni Toraja Utara dan Tana Toraja. Dua kabupaten di Sulawesi Selatan ini mayoritas dihuni oleh suku Toraja dan kebanyakan menganut agama Kristen, baik Katolik maupun Protestan. Jadi tidak heran bila Anda berkunjung ke Toraja banyak ditemukan objek wisata religi, termasuk yang terbaru adalah patung Raja Kristus yang merupakan patung terbesar di Indonesia.

Dalam hal wisata budaya dan alam terdapat banyak sekali objek wisata yang wajib dikunjungi sobat WisataTimur, kami telah merangkum 3 tempat favorit diantara banyaknya lokasi wisata di Tana Toraja. Inilah 3 Objek wisata Toraja tersebut :

1. Objek Wisata Lemo/Londa

Objek wisata berupa komplek kuburan yang merupakan tempat penyimpanan mayat yang diperuntukkan khusus bagi leluhur Toraja dan keturunannya.

Ini merupakan tradisi turun temurun yang ada sejak pra Islam dan Kristen, Merupakan kepercayaan warisan suku Toraja yang disebut Alukta atau Aluk Todolo.



Ritual inilah yang melandasi berbagai macam ritual adat suku Toraja. Situs kuburan atau pemakaman goa Londa berlokasi di perbatasan antara daerah Makale dan Rantepao. Untuk mencapai lokasi ini, membutuhkan waktu sekitar 6 jam melalui jalur darat dari kota Makassar.

2. Museum Ne' Gandeng

Masih soal tradisi dan budaya Toraja, masyarakat Toraja sangat terkenal dengan budaya menghormati leluluhur mereka. Objek wisata yang berikut ini adalah sebuah musrum yang didirikan untuk menghormati tradisi dan leluhur.

Museum Ne'Gandeng

Museum ini bernama  Ne’ Gandeng, objek wisata ini terletak di Desa Palangi, Kecamatan Sa’da Balusu. Rumah adat Toraja yang bernama Tongkonan berada di sekelilingnya. Museum ini dibangun untuk menghormati salah satu tetua adat di Tana Toraja, yaitu Ne’ Gandeng.

Semasa hidupnya, Dia sangat peduli dengan masyarakat Toraja. Salah satu gagasannya yang terkenal adalah memasukkan listrik ke desa dengan hasil menjual kerbaunya. Museum ini terletak di Kabupaten Toraja Utara, kurang lebih 8 jam dari kota Makassar melalui jalan darat.

3. Air Terjun Talondo Tallu

Selain budaya dan tradisi, Toraja juga sudah sangat terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah, baik persawahan, hutan, gunung maupun wisata air terjun. Salah satunya ada wisata air terjun Talondo Tallu, dinamakan demikian karena air terjun ini cukup unik dengan cabang tiganya.

Air terjun Talondo Tallu

Objek wisata air terjun Talondo Tallu ini terletak di dusun Sanik lembang balepe’, kecamatan Malimbong balepe’, 30 kilometer dari kota Makale. Air terjun memiliki keunikanya sendiri yakni bercabang tiga dengan menawarkan kesejukan alamnya.

Air terjun ini bercabang tiga dengan pertemuan yang berbentuk kolam alam dengan air yang sangat jernih. Uniknya penjaga atau juru kunci air terjun ini yang Indo Talando mempunyai rambut terpanjang di Toraja sekitar 7 – 9 meter.

Perempuan berusia 65 tahun ini menurut masyarakat setempat, rambutnya tidak pernah dipotong sejak berusia 10 tahun, konon rambutnya tersebut tidak mempan dengan gunting. Wallahu alam.

Semoga informasi wisata Tana Toraja ini bermanfaat bagi sobat WisataTimur, dan menambah daftar destinasi kunjungan sobat. Terimakasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Objek Wisata Toraja Yang Harus Dikunjungi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel